-->

Blog Yang Mempelajari Dunia Teknologi

Pengertian Mitos Menurut Berbagai Ahli

Assalamu alaikum,warohmatullohi wabarokatu, Kali ni kita akan membahas tentang mitos, sebenarnya saya tidak terlalu tau sih tentang mitos ini, tapi jangan kawatir mitos akan saya ternagkan sesuai yang saya ketahui jadi jika ada kesalahan mohon dimaafkan karna saya juga baru belajar.

Mitos sih yang saya ketahui Mitos itu berasal dari bahasa yunani yaitu Mithos dan bahasa belanda Mithe dan dapat diartikan mitos adalah cerita rakyat yang menceritakan proses masa lampau yang mengandung penafsiran tentang alam dan kebenaran mahluk.
Mitos Menurut Berbagai ahli.
  • Levi Straussadalah suatu warisan dalam bentuk cerita tertentu dari tradisi lisan yang mengisahkan manusia pertama, binatang, dan lainnya yang berdasarkan suatu skema logis yang didalamnya terkandung mitos itu dan yang memungkinkan kita menintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu kostruksi sistematis.
  • Chremersadalah cerita suci yang berbentuk simbolik yang mengisahkan serangkaian peristiwa nyata yang menyangkut asal-usul dan perubahan alam raya dunia, kekuatan-kekuatan atas kodrati manusia, dan masyarakat.
  • Ahimsa Putraadalah cerita aneh yang seringkali sangat sulit untuk dipahami maknanya atau diterima kebenarannya, karena kisah yang ada didalamnya tidak masuk akal ataupun tidak sesuai dengan apa yang telah kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
  • William A. Havilandadalah cerita mengenai pristiwa semihistoris yang menerangkan masalah akhir dikehidupan manusia.
Contoh Mitos
1. Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
2. Cerita barong di Bali.
3. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
4. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
5. Cerita Joko Tarub
6. Cerita Dewi Nawangwulan 
7. Dan lain sebagainya
Itulah mitos yang menurut berbagai ahli jika ada kesalahan artikel ini  mohon di maafkan artikel ini di ambil dari sumber cara paling baru jadi jika anda ingin mengetahuinya lebih lengkap silahkan anda cari di google karna ini hanya artikel singkat saja.
Sekian.Terimakasih.Wassalam.

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Bagaimana saran anda tentang artikel ini atau apakah anda mempunyai pertanyaan tentang artikel ini !!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *